Kamis, 15 Juni 2017

Bastakiya

Bastakiya merupakan pemukiman tertua di Dubai. Dulunya, pemukiman ini banyak ditinggali oleh orang orang asal Iran. Banyak saudagar saudagar yang berdagang teh datang ke Dubai Creek, yang akhirnya menetap di Bastakiya ini. Nama Bastakiya diambil dari kata Bastak yaitu salah satu daerah di Iran. Tetapi sekarang, oleh pemerintah Dubai nama Bastakiya diganti menjadi Al Fahidi Historical Neighbourhood.
Bastakiya terletak di Al Hamriya, Bur Dubai, Dubai. Bastakiya ini dekat sekali dengan Dubai Creek. Lebih tepatnya terletak di sepanjang Dubai Creek. Lokasinya bersebrangan dengan Pasar emas dan Pasar rempah yang selalu ramai.

Bastakiya dibangun sekitar tahun 1890-an. Bastakiya awalnya memiliki 60 unit rumah yang dipisahkan oleh gang gang sempit dan jalanan yang berkelok kelok. Serta memiliki warna khas gurun.
Tetapi pada tahun 1980-an, setengah dari Bastakiya ini di hancurkan untuk pembuatan jalan bagi pengembang dari komplek perkantoran baru. Sebagian rumah yang tersisa dijadikan gudang atau akomodasi untuk buruh asing.

Sumber : Dokumen pribadi

Jika kita lihat, banyak sekali terdapat menara angin atau yang biasa disebut dengan Barjeel di Bastakiya ini. Menara angin ini dulunya digunakan sebagai penyejuk ruangan alami.
Sekarang Bastakiya dijadikan sebagai Museum, Pusat Kebudayaan,Toko souvernir dan juga restaurant.


Sumber :
http://www.dubaiculture.gov.ae/en/Live-Our-Heritage/Pages/Al-Fahidi-Historical-Neighbourhood.aspx
https://en.wikipedia.org/wiki/Al_Bastakiya
http://travel.kompas.com/read/2014/08/04/190500527/Bastakiya.Permukiman.di.Dubai.Lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar